Selasa, 27 September 2011

Tips Menghadapi Wawancara (Interview) Kerja

Tips Wawancara Atau Interview Kerja
Photo : ehow

Mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja adalah langkah awal untuk menempa karier .Dalam tahap ini anda dituntut menempatkan diri sebaik-baiknya dan memberikan informasi tentang keterampilan anda dalam suatu bidang yang anda lamar dengan jujur dan tenang.Berikut poin penting untuk menghadapi wawancara :

1. Berpakaian yang formal dan rapi menunjukkan kesan yang baik kepada calon bos anda.Pria harus mengenakan setelan jas dengan kemeja dan dasi .Wanita sebaiknya mengenakan rok atau gaun, aksesoris dan make up tetap minim.

2. Datang tepat waktu, atau 30 menit sebelum jadwal wawancara dimulai , ini merupakan suatu penghormatan kepada calon bos anda , selain itu tidak terkesan terburu-buru dan anda bisa rileks sebelum menghadapi wawancara. Calon bos anda mungkin tidak akan terima jika anda datang terlambat tanpa alasan yang tepat.Jika jadwal anda terlambat , pastikan untuk telepon calon bos anda dan memberitahu alasan keterlambatan anda.

3. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman ketika pewawancara menanyakan tentang pengalaman anda, sebaiknya anda berlatih dengan anggota keluarga atau teman yang dapat membantu anda memberikan tanggapan yang baik. Persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan anda.

4. Mempersiapkan diri untuk wawancara dengan mencari tahu sebanyak mungkin tentang bisnis.Jangan menyebutkan hal-hal negatif mengenai perusahaan tersebut.Sebaiknya dalam wawancara , anda menunjukkan ketertarikan dan minat anda untuk bekerja di perusahaan tersebut.

5. Jika, di akhir interview, pewawancara memberikan kesempatan anda untuk bertanya,pastikan untuk bertanya setidaknya satu pertanyaan.Mengajukan beberapa pertanyaan yang baik akan membuat anda tampak termotivasi dan tertarik.Tetapi hindari bertanya tentang gaji sampai ada tawaran pekerjaan.

6. Ucapkan terimakasih kepada pewawancara karena sudah diberi kesempatan untuk wawancara dengan anda.


Source : ehow.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar