Jumat, 30 September 2011

10 Stadion Sepak bola Terbesar di Dunia

10. Wembley Stadium
Wembley Stadium

Wembley Stadium merupakan salah satu stadion terbesar di dunia dengan kapasitas penonton 90.000 orang.Stadion ini terletak di London,Inggris.Stadion kebanggaan Inggris ini juga sebagai stadion utama The Football Association (FA).Disana sering digelar pertandingan Internasional maupun domestik,selain itu stadium Webley juga kerap digunakan sebagai ajang olahraga lain selain sepak bola.Masih ingat Final piala Champion tanggal 28 mei 2011 yang lalu antara Barcelana VS MU ? ,saat itu pertandingan dimenangkan oleh Tim Tamu Barcelona, nah... Wembley Stadium merupakan saksi bisu kemenangan Tim asal Spanyol Barcelona dengan skor 3-1.

9. Beijing National Stadium
Beijing National Stadium

Beijing National Stadium terletak di Beijing,Cina memiliki stadion sepak bola dengan kapasitas 91.000 penonton.Stadion ini dibangun untuk menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2008.Material bangunan dengan struktur baja terbesar di dunia memakan biaya sekitar U$ 423 juta.

8. Maracana
Maracana

Maracana adalah stadion sepak bola milik negara Brazil yang terletak di Rio De Janeiro mampu menampung penonton hingga 96.000 orang.Stadion ini pertama kali di buka pada tahun 1950 untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia saat itu.Stadion Maracana merupakan stadion sepak bola terbesar di Amerika Selatan dan dijadwalkan menjadi tuan rumah Piala dunia tahun 2014 mendatang.

7. Camp Nou
Camp Nou

Camp Nou adalah stadion markas klub raksasa Spanyol Barcelona FC selesai dibangun pada tahun 1957.Fifa menyebut Camp Nou sebagai stadion bintang 5 .Camp Nou juga sering menjadi tuan rumah sejumlah pertandingan penting termasuk pertandingan Internasional dan Final Liga Champion UEFA.Stadion Camp Nou memiliki kapasitas 98,772 tempat duduk.

6. Bukit Jalil National Stadium
Bukit Jalil National Stadium

Stadion Bukit Jalil berada di Malaysia,di buka pada tahun 1998.Stadion ini merupakan markas Tim Nasional sepak bola Malaysia,selain itu Stadion Bukit Jalil juga terkadang menyelenggarakan pertandingan olahraga lainnya dan beberapa konser .Kapasitas stadion mampu menampung hingga 100.000 orang.

5. Azadi Stadium
Azadi Stadium

Stadion Azadi terletak di Teheran Iran, merupakan markas Tim sepak bola Nasional Iran.Serta markas dua tim profesional yaitu Persepolis FC dan Esteghlal FC.Azadi Stadium selesai dibuat pada tahun 1971 .Pada awalnya stadion ini dibangun untuk tuan rumah Asian Games pada tahun 1974 dengan kapasitas penonton sekitar lebih dari 100.000 orang.

4. Melbourne Cricket Ground
Melbourne Cricket Ground

Melbourne Cricket Ground terletak di Melbourne Australia.Stadion internasional ini pernah menjadi pusat Olimpiade 1956 dan Commonwealth Games pada tahun 2006. Stadion ini mampu menampung penonton hingga 100.000 orang lebih.

3. Estadio Azteca
Estadio Azteca

Estadio Azteca terletak di Mexico City Meksiko dan merupakan stadion resmi Tim Nasional Meksiko.Pertandingan pertama yang berlangsung di stadion ini pada tanggal 26 Mei 1966.Pada awalnya stadion Estadio Azteca memiliki kapasitas penonton 114.000 orang namun sekarang Esdatio Azteca mengurangi kapasitas penonton dan hanya mampu menampung sekitar 105.000 orang karena alasan keamanan.Stadion ini telah digunakan untuk berbagai pertandingan penting seperti Olimpiade Musim Panas 1968,pertandingan piala dunia FIFA tahun 1970 dan 1986.

2. Salt Lake Stadium
Salt Lake Stadium

Salt Lake Stadium adalah stadion kebanggan milik India memiliki kapasitas 120.000 penonton,selesai dibuat pada tahun 1984.Salt Lake Stadium juga sering digunakan oleh beberapa pertandingan nasional India dan berbagai kejuaraan lainnya.

1. Rungrado May Day Stadium
Rungrado May Day Stadium

Rungrado May Day Stadium terletak di Pyongyang, Korea Utara.Selain dari sepak bola stadion ini juga sering digunakan untuk olahraga lain seperti atletik dan lainnya.Saat ini stadion Rungrado May Day Stadium adalah markas Tim nasional Korea Utara dengan kapasitas 150.000 penonton dan merupakan stadion sepak bola terbesar di dunia saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar