Selasa, 13 September 2011

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Menulis surat lamaran yang baik adalah penting karena seringkali informasi pertama tentang potensial dan kesesuaian anda untuk sebuah pekerjaan dinilai dari surat lamaran kerja yang anda buat. Surat lamaran kerja yang baik ibarat sebuah gerbang untuk segera wawancara pekerjaan, karena itu sebaiknya melakukan penelitian dan meluangkan waktu untuk menulis sebuah surat lamaran kerja yang sesuai dengan persyaratan dari posisi yang anda lamar.

1. Mengumpulkan informasi pribadi yang relevan dengan posisi anda, termasuk keterampilan,minat,pengalaman kerja pendidikan dan informasi lainnya yang dapat memenuhi syarat anda untuk pekerjaan itu.Evaluasi mengapa anda tertarik pada pekerjaan dan mengapa anda percaya bahwa anda cocok untuk posisi itu.

2. Biasanya surat lamaran kerja terdiri dari 3-4 paragraf.
- Paragraf pembuka yang menyatakan minat anda untuk posisi, bagaimana anda tahu tentang hal itu dan pernyataan singkat tentang mengapa anda harus dipertimbangkan untuk pekerjaan itu.

- Paragraf tengah menyoroti alasan mengapa anda percaya bahwa anda telah memenuhi syarat. Hal ini bisa fokus pada pengalaman yang berkaitan tentang pekerjaan anda, pelatihan dan pendidikan, prestasi yang relevan dengan posisi ini, dan kualifikasi lainnya.

- Paragraf penutup, anda harus menegaskan kembali minat anda dalam pekerjaan dan mengucapkan terima kasih kepada orang yang membaca surat anda untuk mengambil waktu dan meninjau informasi anda. Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang kapan dan bagaimana menghubungi anda untuk wawancara.

3. Gunakan kosakata profesional dan hanya mencakup informasi yang relevan. Jaga surat anda ringkas dan menarik bagi pembaca.

4. Baca kembali atau koreksi surat lamaran kerja yang anda buat , untuk menghindari kesalahan dalam penulisan dan ejaan.Bersih dan bebas dari kesalahan surat lamaran mencerminkan profesionalisme dan kredibilitas.

5. Setelah semuanya anda rasa cukup baik , segera kirimkan surat lamaran anda.



Source : ehow.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar