Sabtu, 02 Juli 2011

Penyebab Wasir dan Cara Mencegah Penyakit Wasir

wasir

Wasir adalah peradangan pembuluh darah yang ditandai dengan pembengkakan yang terletak di bagian dalam lubang anus (wasir internal) dan wasir di bagian luar lubang anus (wasir eksternal) .Pembengkakan biasanya tidak mengancam nyawa penderita tetapi penyakit ini membuat kita merasa tidak nyaman. Gejala umum wasir termasuk rasa sakit saat buang air besar disertai  keluarnya darah merah terang,gatal-gatal didaerah sekitar dubur . Penyakit ini tentu mengganggu saat kita duduk karena benjolan wasir tersebut. Beberapa faktor yang menyebabkan wasir adalah Terlalu banyak duduk,Diare menahun,Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormon,Keturunan penderita wasir,Hubungan seks yang tidak lazim,Penyakit yang membuat mengejan penderita,Sembelit, Penekanan kembali aliran darah vena, dll.

Cara Mencegah penyakit wasir adalah :

1 . Makanlah makanan sehat yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan,sayur-sayuran ,gandum. Makanan ini terbukti mampu melancarkan pencernaan ,membersihkan didnding dubur anda,dan lancar buang air besar.

2. Minumlah air mineral yang cukup , ini baik terutama saat anda sedang makan , juga mencegah pengerasan kotoran anda ,tentunya pencernaan yang baik juga.

3. Makanlah dengan teratur .Pola makan yang teratur akan membantu anda mencegah penyakit wasir . Makan 3 kali sehari dengan jadwal yang teratur dan rutin ini lebih baik.

4. Buang air yang teratur , saat ingin buang air besar jangan sekali-kali menunggu nanti atau menahan kotoran , karena ini akan membuat kotoran anda mengeras,sehingga sulit bagi anda nantinya untuk mengeluarkan feses anda .Dengan feses yang keras, Anda perlu mengerahkan tekanan ekstra untuk mengusir itu, yang dapat menyebabkan regangan dinding dubur Anda - menyebabkan pembuluh darah dan jaringan anus membengkak (wasir).

5. Hindari mengangkat beban yang terlalu berat,dan duduk dalam jangka yang lama. Mengangkat beban yang terlalu berat yang melebihi kekuatan anda akan membuat ketegangan otot-otot Anda, juga pembuluh darah dan jaringan dinding dubur Anda. Hal yang sama berlaku untuk duduk lama. Ketika Anda melakukan kegiatan yang memerlukan duduk, Anda harus mengubah posisi setiap saat. Jangan hanya duduk berjam-jam cobalah sesekali berdiri, berjalan berkeliling dan meregangkan kaki Anda dari waktu ke waktu. Juga, ketika Anda buang air besar, cobalah untuk tidak duduk di toilet selama berjam-jam karena gravitasi dapat menyebabkan  yang tidak diinginkan pada jaringan dubur Anda menyebabkan mereka untuk mendorong keluar dan membengkak.

6. Berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan yang sehat. Tetap aktif akan membantu meningkatkan fungsi tubuh termasuk sistem pencernaan anda ,juga mencegah penyakit sembelit dan diare salah satu penyakit yang menyebabkan wasir . Latihan juga akan membantu Anda menurunkan berat badan dan mengurangi resiko Anda memiliki wasir.

7. Jaga daerah sekitar anus anda agar tetap kering .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar