Kamis, 07 Juli 2011

Penyebab Kanker Payudara

Kanker payudara


Belum diketahui secara pasti apa sebenarnya penyebab utama kanker payudara .Namun menurut para ilmuan beberapa faktor yang meningkatkan resiko penyakit kanker payudara adalah usia dan riwayat keluarga. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita , bagaimana tidak , 1 dari 8 wanita beresiko dengan penyakit ini.Meskipun belum diketahui apa sebenarnya penyebab kanker payudara ada baiknya kita lakukan pencegahan dengan cara sederhana yang kemungkinan mampu menangkal penyakit berbahaya ini . Misalnya dengan gaya hidup sehat,singkirkan alkohol dan lain-lain. Agar lebih jelasnya  Berikut Penyebab kanker payudara :

1. Usia
Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Sebagai contoh, tingkat kanker payudara  8-kali lipat lebih tinggi pada wanita yang berusia 50 tahun, dibandingkan dengan wanita yang 30 tahun. Kebanyakan kanker payudara (sekitar 80%) berkembang pada wanita di atas usia 50 tahun .Kanker payudara jarang terjadi pada wanita yang lebih muda dari 35 tahun. kanker payudara menempati peringkat pertama di antara semua penyebab kematian pada wanita.

2. Obesitas
Jangan anggap remeh dengan berat badan yang memiliki bobot lebih alias kegemukan karena obesitas juga memungkinkan resiko kanker payudara pada wanita pasca menopause sebesar 30%, karena kelebihan lemak tubuh meningkatkan kadar hormon estrogen dan insulin – yang menjadi penyebab umum terjadinya kanker.

3. Riwayat Keluarga
Penyakit ini juga bisa dikatakan penyakit keturunan, misalnya seorang wanita memiliki saudara perempuan ,kemungkinan resiko kanker payudara 2 kali lipat , dari yang tidak mempunyai riwayat penyakit kanker payudara ini.

4. Gaya Hidup
Olah raga yang teratur mungkin efektif mengurangi resiko penyakit kanker payudara ,karena lemak-lemak jahat yang tertimbun dalam tubuh kita akan hancur jika rajin berolah raga , bisa aja kan lemak jahat itu salah satu penyebab kanker payudara ? . Berat badan ideal adalah baik untuk kesehatan.

5. Alkohol dan Merokok
Alkohol dan merokok tidak baik untuk kesehatan , bahkan itu memicu penyakit kanker payudara 12%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar