Minggu, 17 Juli 2011

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Jika otak kita adalah komputer, kita hanya akan menambahkan sebuah chip untuk upgrade memori kita. Otak manusia, bagaimanapun, adalah lebih kompleks dari pada mesin yang paling canggih sekalipun, sehingga meningkatkan memori kita tidak begitu mudah. Sama seperti dibutuhkan usaha untuk membangun kebugaran fisik, demikian juga meningkatkan kekuatan otak.Sebuah memori yang kuat tergantung pada kesehatan dan vitalitas otak Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan ingatan dan performa mental anda. Berikut 5 cara Meningkatkan daya Ingat


1. Memanfaatkan kekuatan otak Anda
Otak manusia memiliki kemampuan menakjubkan untuk beradaptasi dan berubah-bahkan sampai usia tua. Kemampuan ini dikenal sebagai neuroplasticity.Dengan stimulasi yang tepat, otak Anda dapat membentuk jalur saraf baru, mengubah koneksi yang ada, dan beradaptasi dan bereaksi dengan cara yang selalu berubah.
Kemampuan luar biasa otak untuk membentuk kembali dirinya sendiri berlaku ketika datang untuk mempelajari dan daya ingat anda. Anda dapat memanfaatkan kekuatan alami neuroplasticity untuk meningkatkan kemampuan kognitif Anda, meningkatkan kemampuan Anda untuk mempelajari informasi baru, dan meningkatkan memori Anda.

2. Olah raga dan Pola tidur yang Teratur
Sama seperti seorang atlet bergantung pada tidur dan diet nutrisi penuh ,untuk melakukan yang terbaik, kemampuan anda untuk mengingat meningkat ketika Anda memelihara otak Anda dengan diet yang baik dan kebiasaan sehat lainnya seperti olah raga. Ketika tubuh Anda berolahraga , otak Anda juga berolahraga. Latihan fisik meningkatkan oksigen ke otak anda dan mengurangi risiko untuk gangguan yang menyebabkan hilangnya memori, seperti diabetes dan kardiovaskular .Meningkatkan efek kimia otak membantu dan melindungi sel-sel otak.
Bila Anda kurang tidur, otak anda tidak bisa beroperasi pada kapasitas penuh.Kreativitas, kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis atau terganggu.Baik Anda sedang belajar, bekerja, atau berusaha menyeimbangkan banyak tuntutan hidup, kurang tidur menyebabkan ingatan menjadi tidak efektif. Menurut penelitian tidur yang teratur sama dengan memperlakukan memory atau daya ingtat anda dengan baik.

3. Bergabung atau sosialisasi dengan Teman.

Riset menunjukkan bahwa dengan memiliki hubungan yang berarti dan sistem dukungan yang kuat sangat penting tidak hanya untuk kesehatan emosional, tapi kesehatan otak. Dalam satu studi terbaru dari Harvard School of Public Health, misalnya, para peneliti menemukan bahwa orang dengan kehidupan sosial yang paling aktif memiliki tingkat paling lambat penurunan memori. Anda pernah mendengar bahwa tertawa adalah obat terbaik, itu berlaku untuk tubuh dan otak anda , karena tawa melibatkan beberapa daerah di seluruh otak anda. Karena itu bergabung dengan teman atau mendengar lelucon baik untuk kesehatan otak anda.

4. Otak juga butuh makanan loh

Seperti halnya tubuh membutuhkan bahan bakar, begitu juga otak. Anda tentunya sudah tau bahwa sayur dan buah-buahan ,biji-bijian baik untuk meningkatkan kesehatan termasuk meningkatkan daya ingat anda. Berikut nutrisi yang membantu anda meningkatkan kemapuan otak dan mengurangi resiko dimensia atau kepikunan.
-Dapatkan Anda omega-3. Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Ikan merupakan sumber sangat kaya omega-3.

-Batasi lemak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak jenuh meningkatkan risiko demensia dan merusak konsentrasi dan memori. Sumber utama dari jenuh jauh adalah produk hewani: daging merah, susu, mentega, keju.

-Makan lebih banyak buah dan sayuran.Antioksidan yang terdapat dalam sayur-dan buah-buahan merupakan Zat yang melindungi sel-sel otak Anda dari kerusakan. Buah berwarna dan sayuran merupakan sumber antioksidan sangat baik. Cobalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, selada romaine, lobak Swiss, dan arugula, dan buah seperti aprikot, mangga, melon, dan semangka.

5. Latihlah otak anda
Saat seseorang yang sudah dewasa ,berarti otak anda telah mengembangkan jutaan jalur saraf yang membantu anda memproses informasi dengan cepat,memecahkan masalah,dan melaksanakan pekerjaan yang butuh usaha keras dari otak dan mental.Sempatkan waktu untuk melatih otak anda. Melatih otak bisa dengan cara  belajar bahasa baru, instrumen, olahraga, mengisi teka-teki silang (TTS),teka-teki Sudoku dan lain-lain. Itu menyenangkan, semakin tertarik dan terlibat anda dalam kegiatan ini, semakin besar kemungkinan anda akan terus melakukannya dan semakin besar manfaat yang akan anda alami termasuk daya ingat yang semakin membaik.


Source : helpguide.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar