Selasa, 05 Juli 2011

Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi

Cara Mengatasi Darah Tinggi atau Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan penyakit berbahaya jika kita tidak segera mengobatinya, karena hipertensi dapat memicu serangan jantung,stroke,gangguan tulang,kekurangan vitamin dan masih banyak penyakit berbahaya lainnya. Di Amerika dilaporkan 100.000 orang setiap tahun meninggal karena darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat diobati dengan resep dokter,dan gaya hidup yang baik cukup efektif untuk menangkal hipertensi ini. Berikut cara mengatasi penyakit darah tinggiatau hipertensi

1. Periksa tekanan darah anda secara berkala, hal ini dilakukan untuk mendiagnosa apakah anda menderita hipertensi atau tidak. Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita mengidap penyakit darah tinggi , dan kita mengabaikan padahal penyakit ini bisa mengakibatkan fatal bagi kesehatan .

2. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji,makanan yang mengandung lemak tinggi,makanan yang mengandung gula tinggi,kafein dan alkohol.

3. Minumlah jus wortel setiap hari , selain mengandung vitamin A yang tinggi,juga kaya kalsium,magnesium,fosfor, zat besi dan vitamin B kompleks.

4. Saat makan malam , minumlah jus apel . Hal ini sangat efektif dalam memerangi infeksi dan menghilangkan racun dari tubuh.

5. Pertimbangkan program penurunan berat badan yang aman dan alami jika Anda kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi.

6. Lakukan olah raga misalnya jalan cepat paling tidak seminggu 2 kali,ini dapat melatih pernafasan anda .Tarik napas perlahan dan dalam. Tahan napas Anda selama 3 sampai 5 detik. Hembuskan napas perlahan-lahan. Latihan pernapasan dapat dilakukan setiap saat sepanjang hari.

7. Tenangkan pikiran anda(relaksasi). Tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena stres dan tekanan hidup. Ambil setidaknya 30 sampai 60 menit setiap untuk bersantai dan bermeditasi.

8. Makan diet seimbang. Diet anda harus terdiri dari 70 persen karbohidrat kompleks, 20 persen protein dan 10 persen lemak.

9. Mengurangi atau berhenti merokok. Merokok merampas tubuh oksigen.

10. Sering minum teh hijau baik untuk kesehatan.

11.Minum setidaknya 8 sampai 10 gelas air setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar