Minggu, 07 Agustus 2011

Cara Mencegah Penyakit Jantung

cara mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Di Indonesia penyakit ini pembunuh nomor satu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung diantaranya faktor keturunan,gaya hidup dan komplikasi dari penyakit lain. Berikut tips bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung :

1. Jika Anda seorang perokok, risiko anda untuk terserang penyakit jantung setidaknya dua kali lipat dari bukan perokok. Non-perokok juga beresiko terkena penyakit jantung saat menghirup asap rokok. Oleh karena itu sebaiknya belajarlah melupakan rokok sebelum terlambat.

2. Tingkat kolesterol dapat menjadi faktor risiko. Anda harus pergi ke dokter untuk diperiksa dan mengetahui apakah kadar koleterol anda normal atau tidak.

3. Tekanan darah dapat membuat jantung anda bekerja keras. Jika anda memiliki tekanan darah tinggi secara konsisten, dokter mungkin meresepkan obat untuk menurunkan dan mempertahankan tingkat yang sesuai.

4. Berat badan adalah salah satu faktor yang menyebabkan penyakit jantung .Jika anda kelebihan berat badan atau obesitas, mungkin memiliki risiko kesehatan lainnya .Ketika obesitas komplikasi dengan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, risiko penyakit jantung meningkat secara drastis.Sebaiknya anda mengambil langkah untuk menurunkan berat badan anda.

5. Latihan fisik atau olahraga dapat mengurangi resiko dari penyakit berbahaya ini.Gaya hidup tidak aktif juga merupakan faktor yang berkontribusi untuk menjadi kelebihan berat badan dan kondisi kesehatan lainnya.

6. Memilih makanan yang baik untuk menurunkan resiko penyakit jantung seperti makanan yang mengandung biji-bijian, buah-buahan mentah dan sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

7. Hindari stres dengan aktif dalam kegiatan-kegiatan positif di lingkungan anda.



Source : ehow.com

1 komentar:

  1. wah gara2 org lain yg merokok kita bisa kena gejala penyakit jantung

    BalasHapus