Minggu, 19 Juni 2011

Tips Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

insomnia

Manusia juga sama seperti mahluk hidup lainnya , butuh istirahat dan tidur untuk memulihkan tenaga setelah seharian lelah . Tidur adalah cara yang paling efektif untuk menyegarkan tubuh kita. Setiap manusia membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 8 jam untuk tidur normal , jika kurang dari itu kemungkinan kualitas tidur seseorang kurang baik . Menurut penelitian , manusia yang tidur 6,5 jam sampai 7,5 jam sehari akan memiliki kesempatan hidup lebih lama , dari pada yang tidur kurang dari 6,5 jam .

Insomnia adalah penyakit gangguan tidur , dan menyerang semua umur. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki-laki.

Tips Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur adalah

1. Ketika akan tidur , hindarilah makanan dan minuman yang terlalu banyak . Kemungkinan makanan yang anda konsumsi ketika akan tidur mengganggu kenyamanan perut sehingga mengganggu tidur anda . Demikian juga jika minum terlalu banyak , ini bisa membuat anda sering buang air kecil , dan tentunya itu mengganggu tidur anda juga.

2. Tidur pada tempat yang anda rasa nyaman .

Saat memulai tidur, matikan lampu, matikan hal-hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

3. Tidur dan bangun secara teratur , jika anda tidur dan bangun tidak dengan waktu yang teratur kemungkinan jam tidur anda akan kacau , dan membuat tidur anda juga terasa kacau.

4. Makanlah makanan ringan sebelum anda memulai tidur ,lebih baik lagi dengan segelas susu hangat .

5.Mandilah dengan air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.

6. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.

7. Untuk sebagian orang jika menonton TV akan membuat mata terasa ngantuk , namun sebagian orang lagi malah mengganggu tidur .Bila TV anda terasa mengganggu matikan setidaknya setengah jam sebelum anda tidur .

Itulah beberepa tips mengatasi susah tidur atau Insomnia , mudah-mudahan bermanfaat dan semoga cepat sembuh . Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya ,yang penting tetap sabar dan berdoa , Insomnia bukan merupakan penyakit bawaan dan dengan demikian tentu akan mudah disembuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar