Sabtu, 11 Juni 2011

Kedelai 'Pelumas' Alami Wanita

kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap,tahu,dan tempe. Kedelai putih dipekerkenalkan ke nusantara oleh pendatang dati Cina sejak maraknya perdagangan dengan Tiongkok , sementara kedelai hitam sudah dikenal lama orang penduduk setempat.

Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidaya kan masyarakat diluar Asia setelah tahun 1910.

Asam lemak tidak jenuh mempunyai efek penurunan terhadap kandungan kolesterol seurm ,sehingga dapat menetralkan efek negatif sterol dalam tubuh. Dua kelompok vitamin terdapat pada kedelai, yaitu larut air (vitamin B kompleks) dan larut lemak (vitamin A,D,E dan K)

Mineral anti oksidan dalam kedelai terdapat tiga jenis isoflavon , yaitu daidzein,glisitein dan genistein. Antioksidan dalam kedelai ini ternyata memberikan pelumasan alami bagi wanita dan merupakan salah satu makanan utama untuk melindungi pria dari prostat. Kedelai juga membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta melancarkan sirkulasi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar