Rabu, 15 Juni 2011

Cara Mencegah Kanker Serviks

kanker serviks

Kanker Serviks atau kanker leher rahim adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi kaum wanita diseluruh dunia Kanker serviks atau kanker leher rahim terjadi di bagian organ reproduksi seorang wanita. Leher rahim adalah bagian yang sempit di sebelah bawah antara vagina dan rahim seorang wanita. Di bagian inilah tempat terjadi dan tumbuhnya kanker serviks. Penularan penyakit ini 90% berasal dari hubungan seksual yang tidak sehat, misalnya seks bebas .Gejala penyakit kanker serviks juga sulit dikenali hingga tak jarang banyak orang yang tak menyadari bahwa dia telah mengidap kanker serviks bahkan menularkannya . Setiap tahun penderita kanker serviks meningkat , kemungkinan ini terjadi karena kurang pemahaman tentang penyakit mematikan ini .

Berikut  cara mencegah kanker Serviks

kanker serviks


1. Deteksi Dini. Lakukan pemerksaan screening secara teratur 1 tahun sekali untuk mengetahui lesi pre-kanker. Dengan ditemukan gejala awal tersebut, kanker bisa segera diterapi. Jika masih stadium awal, kanker bisa disembuhkan total. Jangan menunggu ka

2. Mengganti Pakaian Dalam Teratur. Jangan segan mengganti pakaian dalam dengan yang bersih dan kering, minimal 2 kali sehari.

3. Usahakan kelamin anda selalu Kering. keringkan area kelaminmu setiap setelah buang air kecil.

4. Mengganti Pembalut. Biasakan mengganti pembalut, minimal 2 kali sehari.

5. Diet Makanan. Hindari konsumsi makanan yang meningkatkan produksi lendir, seperti nanas, timun dan kol.

6. Jaga Vagina Anda. Jangan memegang vagina dengan kuku yang kotor karena kemungkinan tangan anda tidak steril .

7. Tidak Melakukan Seks Bebas. Hindari prilaku seks bebas karena seks bebas merupakan media penularan segala jenis penyakit kelamin yang sangat efektif.

8. Jangan merokok dan konsumsi banyak makanan atau minuman yang mengandung vitamin C ,vitamin E dan asam Folat

9. Pola makan yang sehat , seperti sayur-sayuran dan konsumsi buah-buahan dan sereal untuk merangsang kekebalan tubuh .

10. Jangan melakukan hubungan intim ketika haid atau menstruasi

11. Pemberian vaksin atau vaksinasi HPV untuk mencegah terinfeksi HPV.


Mudah-mudahan tips mencegah kanker serviks diatas membantu anda untuk mencegah kanker serviks yang telah membunuh banyak manusia di seluruh dunia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar