Minggu, 29 Januari 2012

7 Alasan Utama Perceraian

7 Alasan Utama Perceraian

7 Alasan Utama Perceraian - Menurut anda apakah faktor utama yang menyebabkan keretakan rumah tangga seseorang ? Diberbagai kalangan seperti selebriti,pejabat atau masyarakat biasa kawin-cerai sudah sering terjadi.Bahkan ada beberapa kasus yang lebih parah lagi,baru sebulan menikah sudah bercerai.Namun saya yakin semua orang tidak ada yang menginginkan perceraian itu terjadi.Penyebab perceraian terkadang bukan karena suatu masalah-masalah fatal seperti perselingkuhan,namun seringkali kasus-kasus sepele memperparah keharmonisan rumah tangga dan memicu perpisahan.Berikut ini 7 alasan utama perceraian

1. Komunikasi
Kurangnya kesempatan untuk melakukan komunikasi yang intens, dengan kualitas yang baik. Bagi pasangan menikah, penting punya ruang dan emosi untuk bisa saling curhat, mengungkapkan isi hati baik pujian, harapan, kesenangan maupun kekesalan.
Kedua belah pihak perlu punya kesadaran dan niat penuh untuk mendiskusikan persoalan dengan kepala dingin. Tujuan diskusi adalah untuk mencari jalan keluar, bukan sekedar meluapkan emosi.

2. Harapan Tidak Realistis
Berharap pasangan akan berubah setelah menikah. Hal ini berhubungan dengan pemahaman masing-masing pihak terhadap pasangannya. Seringkali perselisihan terjadi karena mengharapkan perubahan dari pasangan.

3. ‘Power’ Dalam Perkawinan
Ada yang ingin suami pegang kendali, ada yang ingin istri yang mengatur. Padahal ini hanyalah masalah kesepakatan.

4. Konflik Peran
Dalam perkawinan akan ada pembagian peran, seperti siapa yang mengasuh anak, siapa yang mencari nafkah. Ini bisa jadi sumber pertentangan dan menimbulkan ketidakpuasan antar suami-istri. Terutama karena sekarang banyak istri berkarir.

5. Cinta Meredup
Ada yang bilang daripada diberi perasaan jatuh cinta, lebih baik diberi kekuatan menjaga cinta. Karena cinta itu perlu dipupuk agar terus menyala. Pasangan yang sudah menikah, berapa tahun pun, perlu tetap membakar cinta, salah satunya dengan mengungkapkan rasa sayang.

6. Affair (Orang Ketiga)
Adanya orang ketiga membuat sebuah perkawinan sulit dipertahankan. Selain cinta yang membutakan, hal peling penting yang justru membuat perkawinan bubar jalan adalah kepercayaan. Dalam sebuah perkawinan, rasa saling percaya -yang melahirkan rasa aman dan nyaman- adalah tiang utama.

7. Seks
Ini adalah paling kecil dari alasan retaknya sebuah rumah tangga, Karena seks bisa diabaikan ketika rasa sayang yang dalam masih terpelihara. Rasa sayang itulah yang menahan seseorang untuk menyakiti pasangan dan menggugat talak maupun cerai

Sekian dulu sekilas artikel bahasan tentang penyebab utama perceraian.Menyudahi hubungan bukanlah langkah yang terbaik untuk menyelesaikan masalah rumah tangga.Masih ada satu jalan yang mungkin lebih baik yang bisa anda tempuh sebelum memilih cerai yaitu DAMAI. Salam damai........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar